1.05.2014

Alat Bantu (Bagian 1)

  Oke pemirsa sekalian, Kita lanjut lagi pembahasan tentang hal-hal yang penting untuk Kita pahami sebelum memasuki materi dasar teknik alat berat. Pembahasannya adalah tentang alat bantu. Materi ini akan Kita bagi beberapa bagian karena pembahasannya cukup panjang. Kita langsung aja ke materi.
   Alat bantu yang Kita maksudkan di sini adalah seperangkat kunci-kunci, alat ukur dan perlengkapan bengkel. Semua alat bantu ini mutlak kita pahami nama dan fungsinya masing-masing. Alat bantu ini bisa Kita dapatkan di pasaran dengan merek yang beraneka ragam dan tentunya dengan harga yang bervariasi juga. Biasanya lebih bagus bahan suatu alat lebih mahal juga harganya. Hehehe…
   1. Common Tools ( Kunci-kunci utama )
   Dikatakan common tools karena inilah kunci-kunci standart yang wajib dimiliki oleh seorang mekanik. Common tools biasa terdiri atas 1 kotak (box) di mana isinya beraneka ragam. Ada kunci pas, kunci ring, obeng, tang, dll.  Semuanya punya fungsi yang berbeda. Kita coba uraikan sedikit tentang alat bantu ini.
- Kunci Pas ( Opend End Wrench )
Kunci ini biasanya dipakai untuk melepas dan memasang selang (hose). Selang yang dimaksud di sini bukan seperti selang air yang sering Kita pakai di rumah. Ini selang dengan bahan dari kawat dan karet.
Selain itu, kunci pas biasanya dipakai untuk melepas dan memasang baut. Yang perlu diperhatikan di sini bahwa bolt (baut) yang kencang tidak boleh dikendorkan secara paksa memakai kunci pas karena akan merusak baut tersebut. Gunakanlah kunci ring atau socket untuk baut yang kencang.
ada 2 jenis kunci pas yaitu double opend end wrench (mempunyai dua kepala) dan single open end wrench (mempunyai satu kepala).
- Kunci Inggris (Adjustable Wrench)
Kunci ini hampir mirip dengan kunci pas hanya saja ukurannya lebih besar dan berat. Kelebihan kunci ini dibanding dengan kunci pas adalah mulut kunci dapat disetel/diadjust dengan memutar ulir penyetelnya. Olehnya itu, kunci ini dapat dipergunakan untuk bolt atau nut yang ukurannya berbeda.
- Kunci Ring (Ring Wrench)
Kunci ring ada 2 jenis yaitu double end ring wrench dan single end offset ring wrench.
Sama hanya dengan kunci pas, kunci ring berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan bolt & nut. Hanya saja kunci ring lebih kuat daya cengkramnya jadi lebih aman digunakan dalam mengendorkan baut atau mur.
- Kunci Kombinasi (Combination Wrench)
Kunci ini adalah kombinasi antara kunci pas dan kunci ring. Jadi sebelah ujungnya berupa kunci pas dan sebelahnya lagi berupa kunci ring. Kelebihan kunci ini adalah lebih fleksibel karena bisa menggantikan fungsi kunci pas dan ring sekaligus.
- Socket Set
Kunci socket terdiri atas beberapa socket dengan ukuran berbeda-beda, sebuah handle, extension pendek dan panjang, adapter, universal joint dan rachet.
Fungsi kunci socket adalah juga untuk mengendorkan dan mengencangkan baut. Tapi kunci socket ini lebih efesien penggunaannya, apalagi jika baut atau mur yang akan dilepas posisinya agak sulit dijangkau dengan kunci pas dan ring. Kunci socket juga lebih mempercepat pekerjaan dengan adanya rachet. Selain itu untuk pengengcangan baut yang harus ditorq, itu juga menggunakan kunci socket.

1 komentar:

Terima kasih atas komentarnya sobat. Akan segera Kami berikan tanggapan..