1.08.2014

Alat Bantu (Bagian 4)

Kemarin Kita telah membahas sedikit  tentang measurement tools. Pada kesempatan kali ini, isyaAllah penulis akan sedikit sharing tentang diagnostic tools. Baiklah, Kita langsung aja ke tkp Smile.
Dianostic tools adalah alat yang digunakan untuk mengecek atau mengetahui kondisi dari suatu mesin. Beberapa diagnostic tools yang banyak digunakan di bidang alat berat adalah sebagai berikut :
- Multi Tachometer
Multi tachometer digunakan untuk mengukur kecepatan putar. Cara penggunaannya adalah :
   * Pastikan kelengkapan multi tachometer dan penghubungnya.
   * Hubungkan sensor ke engine speed outlet.
   * Hubungkan sensor ke service meter engine outlet, kencangkan dengan ring nut.
   * Hidupkan engine pada posisi low dan high idle dan baca hasil pengukuran pada display tachometer.
- Pressure Gauge
Pressure gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan oli, tekanan udara dan tekanan bahan bakar dalam sistem suatu mesin.
Satuan pengukuran pada pressure gauge adalah PSI (Pounds Per Square Inc), boleh juga pakai Kpa (Kilo Pascal) ataupun kg/cm2.
- Thermometer
Thermometer digunakan untuk mengukur temperatur atau suhu. Kita banyak juga menemukan thermometer di bidang kesehatan.
- Multitester
Multitester adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan, besarnya arus yang mengalir dan besarnya tahanan. Multitester  ada yang analog dan ada yang digital. Cara pemakaiannya adalah :
* Apabila pada multitester kedudukan pointer tidak tepat pada angka nol, maka Kita putar dengan obeng pada zero point adjusting screwnya sampai didapat pointer tepat pada angka nol (penyetelan ini hanya untuk multitester analog).
* Apabila yang akan diukur adalah tegangan, pastikan dulu jenis tegangan yang akan diukur tersebut, apakah tegangan AC (Alternating Current) ataukah DC (Dirrect current). Jika tegangan yang akan diukur AC maka rotary switch diposisikan pada AC V, begitupula sebaliknya.
* Untuk mengukur besarnya tahanan atau hambatan maka rotary switch diputar pada posisi ohm pada pengukuran tahanan maka perbedaan polaritas (+) dan (-) pada pin tidak berlaku kecuali jika yang diukur adalah elemen semi konduktor.
* Untuk mengukur besarnya arus maka rotary switch diputar pada posisi mA (milli Amper).
- Hydrometer
Hydrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat jenis elektrolit. Ada beberapa jenis hydrometer antara lain :
* Hydrometer dengan floating beam.
* Hydrometer dengan pembiasan cahaya disebut juga Refractrometer.
Sekian dulu yang penulis bisa sampaikan tentang alat bantu berupa diagnostic tools yang banyak dipergunakan dalam bidang alat berat. Semoga bisa menambah wawasan Kita semua. Amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya sobat. Akan segera Kami berikan tanggapan..