12.29.2013

Peralatan Kerja Bangku

   Baiklah pembaca yang budiman, kali ini Kita akan memulai sedikit pembahasan tentang alat kerja bangku sebagai suatu hal yang mesti Kita pahami sebelum melangkah ke materi dasar teknik alat berat. Oke, Kita langsung saja ke pembahasan.

   Ada beberapa peralatan kerja bangku yang sering Kita jumpai di pengerjaan alat berat khususnya perbaikan di workshop. Diantaranya sebagai berikut :

1. Kikir

    Alat ini sering digunakan untuk pengerjaan finishing ( pengerjaan akhir ) seperti menghaluskan bagian yang lecet, menghilangkan bagian-bagian yang tajam dari sisa pengerjaan mesin atau pada proses assembling ( perakitan ).

    Penting diketahui bahwa kikir ada berbagai macam bentuknya. Jadi Kita harus sesuaikan dengan objek kerja jika hendak melakukan pengikiran. Kalau benda kerjanya berbentuk silindris atau bulat, maka Kita menggunakan kikir yang berbentuk bulat. Begitu pula jika bentuk benda kerjanya rata maka Kita menggunakan Kikir yang berbentuk rata.

2. Ragum

    Alat ini berfungsi untuk menjepit benda kerja pada pekerjaan tertentu seperti menggergaji, memahat, mengikir, melakukan pengencangan baut, dll.

    Yang patut Kita perhatikan secara serius pada saat melakukan pekerjaan pada ragum adalah pastikan benda kerja dalam kondisi aman. Misalya benda kerjanya sensitif terhadap goresan, maka harus dialasi menggunakan kayu atau papan.
Juga perlu diperhatikan pada saat mengencangkan ragum, jangan menambahkan pipa pada tuas ragum untuk menambah daya jepit dari ragum.

3. Gergaji

    Untuk yang satu ini Kita semua pasti dah paham.

4. Gerinda

    Sama halnya seperti gergaji, gerinda adalah peralatan yang banyak Kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

5. Straight Edge ( Pisau Kerataan)

    Alat ini berfungsi untuk mengukur kerataan suatu benda kerja. Benda kerja yang akan diukur diletakkan di meja perata kemudian diukur menggunakan Straight Edge.

6. Penyiku

     Alat ini berfungsi untuk mengukur sudut dari benda kerja.

7. Mesin Bor

     Alat ini berfungsi untuk membuat lubang pada benda kerja mulai dari diameter kecil hingga yang besar.
Yang harus menjadi perhatian Kita pada saat menggunakan bor adalah perhatikan jenis mata bor nya. Sesuaikan bahan mata bor dengan pengaplikasiannya. Mata bor untuk benda kerja berbahan besi tentu berbeda dengan mata bor untuk benda kerja berbahan kayu atau objek seperti tembok misalnya.

Sekian dulu materi Kita untuk postingan kali ini. Moga bisa menambah sedikit pengetahuan Kita.

Teori bisa sama tapi hasil kerja pasti selalu berbeda. Pengerjaan teknik juga melibatkan seni. Dan seni lebih cenderung membutuhkan intuisi bukan logika “

3 komentar:

Terima kasih atas komentarnya sobat. Akan segera Kami berikan tanggapan..