12.27.2013

Ilmu Dasar Teknik Alat Berat

  Dalam kehidupan modern sekarang ini, kehidupan umat manusia dipermudah dengan kemajuan pesat berbagai macam teknologi. Salah satunya adalah teknologi di bidang alat berat. Alat berat pada umumnya banyak digunakan di sektor pertambangan, konstruksi, pertanian dan bidang lainnya. Peran serta alat berat sangat penting dalam pembangunan dan perekonomian negara. Olehnya itu penulis mencoba sharing sedikit pengetahuan dan pengalaman dalam menangani alat berat.

  Tulisan ini sangat cocok untuk siswa-siswi smk jurusan alat berat dan otomotif. Juga cocok bagi Anda yang ingin menggeluti bidang pekerjaan yang berhubungan dengan alat berat. Di sini penulis akan memapakarkan sedikit tentang dasar-dasar alat berat. Kemudian dikesempatan selanjutnya insyaAllah akan dilanjutkan dengan materi perawatan dan perbaikan alat berat. Materi akan disajikan dalam bentuk yang sederhana karena penulis juga seorang pemula. Kita di sini akan belajar bersama-sama.

ILMU DASAR TEKNIK ALAT BERAT

 Ilmu dasar alat berat dibagi atas beberapa bagian, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pengetahuan Dasar Mesin
  2. Diesel Engine
  3. Sistem Pemindah Mekanis
  4. Sistem Pemindah Hidrolis
  5. Sistem Kemudi dan Rem
  6. Sistem Hydrolik dan perlengkapan
  7. Sistem Kelistrikan
Namun sebelum belajar tentang ilmu dasar teknik alat berat, ada beberapa hal penting yang harus terlebih dahulu Kita ketahui.  Seperti Pengenalan produk alat berat yang ada dipasaran, peralatan kerja bangku dan suku cadang.

Sekian dulu postingan Perdana ini. Materi selanjutnya insyaallah Kita akan lanjutkan dikesempatan berikutnya.

1 komentar:

Terima kasih atas komentarnya sobat. Akan segera Kami berikan tanggapan..